Mayoritas Produk UMKM Tak Lalui Mekanisme Ekspor

Bisnis.com, Jakarta – Saat ini sudah banyak produk-produk anak bangsa yang beredar di luar negeri. Hanya saja, sistem penjualan yang dilakukan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) itu tidak bisa menyumbang angka ekspor Indonesia.

Ekonom dan Ketua UKM Center Universitas Indonesia, Eugenia Mardanugraha, melihat fenomena tersebut merupakan gambaran umum dari kondisi UMKM di Indonesia.

Eugenia mengatakan sebenarnya sudah banyak produk-produk buatan dalam negeri yang beredar di mancanegara. Hanya saja, prosedur barang tersebut keluar tidak melalui mekanisme ekspor. Mayoritas produk-produk tersebut dibawa oleh orang asing yang datang ke Indonesia.

Menurut Eugenia, hal itu disebabkan oleh pengetahuan pelaku UMKM yang tidak tuntas terkait dengan mekanisme ekspor. Sebagian besar wirausahawan tersebut mengetahuinya setengah-setengah. Padahal untuk memiliki kemampuan ekspor harus mengetahui mekanismenya dari awal hingga akhir.

“Saya lihat sudah banyak pelatihan yang dilakukan oleh berbagai kementerian, tapi semuanya belum terintegrasi, sehingga informasi yang diberikan juga tidak tuntas,” ucap Eugenia.

Untuk itu, ujar Eugenia, harus didorong dengan pembaruan metode pelatihan yang diberikan kementerian terkait. Tak hanya sekadar pemberian materi, tapi juga harus ada pembinaan dan pendampingan hingga UMKM mampu melakukan ekspor secara mandiri.

Proses pendampingan tersebut bisa dilakukan dengan bekerja sama antara pemerintah, akademikus, dan swasta yang bisa menjadi mentor dan tempat konsultasi ketika pelaku usaha mengalami kesulitan saat menempuh tiap langkah proses ekspor.

Selain mengenai hal-hal teknis ekspor, tutur Eugenia, pelaku usaha juga perlu dibina terkait dengan peningkatan kualitas produk ekspor serta bagaimana mengemas produknya supaya diterima pasar.

“Jika pelaku usaha mampu melakukan ekspor produk sendiri, pertumbuhan penjualannya bisa sangat signifikan,” katanya.

Eugenia percaya kemampuan ekspor yang dimiliki UMKM tersebut bisa terus mendorong nilai ekspor Indonesia yang disumbang dari produk-produk UMKM. Pasalnya, selama lima tahun terakhir, tercatat tren positif dari produk UMKM.

Pada periode Januari-Februari 2015, nilai ekspor produk UMKM mencapai US$ 2,07 miliar, yang didominasi produk pertanian dengan nilai 40,99 persen.

Sementara itu, produk UMKM yang memiliki pertumbuhan terbesar adalah obat tradisional terstandar yang tumbuh hingga 32,14 persen dan makanan olahan dengan pertumbuhan 12,72 persen.

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CAPTCHA *